My Video

Loading...

Selasa, 14 Juni 2011

David Archuleta

 

David James Archuleta (lahir di Miami, Florida, Amerika Serikat, 28 Desember 1990; ) atau yang lebih dikenal dengan dengan nama David Archuleta adalah penyanyi asal Amerika Serikat. Ia menjadi finalis American Idol musim ketujuh dan menjadi runner-up dengan memperoleh 44 juta suara.

Kehidupan Awal

David Archuleta lahir di Miami, Florida. Ayahnya, Jeff Archuleta adalah seorang pemusik jazz, sedangkan ibunya, Lupe Marie Archuleta ialah seorang penyanyi dan penari yang berasal dari Honduras. Pada usia enam tahun ia dan keluarganya berpindah ke Salt Lake Valley, Sandy, Utah. Sekarang ia dan keluarganya tinggal di Murray, Utah. David Archuleta memiliki empat saudara, Claudia (18), Daniel (14), Jazzy (11) dan Amber (9). David Archuleta masih tercatat sebagai murid Murray High School.
David Archuleta dibesarkan di keluarga yang mencintai musik. Pada usia enam tahun Ia mulai bernyanyi setelah menonton video Les Miserables. Ia tidak dapat berhenti menyanyikan lagu-lagu Les Miserables setelah menonton video tersebut, saat itulah ayahnya, Jeff, mengetahui bahwa anaknya memiliki bakat alami sebagai penyanyi.
Pada usia sepuluh tahun, David menyanyi untuk pertama kalinya dihadapan publik. Ia mengikuti kompetisi menyanyi Utah dan menyanyikan lagu Dolly Parton yang berjudul “ I Will Always Love You “, Ia memperoleh sambutan yang sangat meriah dari penduduk Utah yang menontonnya dan menjuarai kategori anak-anak. Di usia sebelas tahun ia memulai debutnya di televisi pada Jenny Jones Shows dalam episode future latino stars dengan menyanyikan lagu “ And I telling You I’m Not Going”
David Archuleta pernah mengalami kerusakan pita suara akibat penyakit bronkhitis yang menyerangnya setelah ia mengikuti Star Search. Salah satu pita suaranya lumpuh, yang mengakibatnya ia terdengar seperti kesulitan bernafas apabila bernyanyi ataupun berbicara. David pernah ditawari untuk melakukan operasi, tetapi operasi tesebut terlalu beresiko sehingga David memutuskan tidak akan melakukan operasi. Kini Ia merasa bahwa ia telah sembuh total dari penyakitnya.

Penampilan dan hasil selengkapnya (selama voting)

Minggu # Tema Pilihan Lagu Penyanyi Asli Urutan # Hasil
Top 24 (12 Pria) 1960an "Shop Around" The Miracles 6 Aman
Top 20 (10 Pria) 1970an "Imagine" John Lennon 10 Aman
Top 16 (8 Pria) 1980an "Another Day in Paradise" Phil Collins 2 Aman
Top 12 Lennon/McCartney "We Can Work It Out" The Beatles 12 Aman
Top 11 The Beatles "The Long and Winding Road" The Beatles 3 Aman
Top 10 Tahun Kelahiran "You're the Voice" John Farnham 8 Aman
Top 9 Dolly Parton "Smoky Mountain Memories" Dolly Parton 6 Aman
Top 8 Lagu Inspirasi "Angels" Robbie Williams 7 Aman
Top 7 Mariah Carey "When You Believe" Mariah Carey & Whitney Houston 1 Aman
Top 6 Andrew Lloyd Webber "Think of Me" The Phantom of the Opera 4 Aman
Top 5 Neil Diamond "Sweet Caroline"
"America"
Neil Diamond 4
9
Aman
Top 4 Rock and Roll Hall of Fame "Stand by Me"
"Love Me Tender"
Ben E. King
Elvis Presley
4
8
Aman
Top 3 Pilihan Juri (Paula Abdul)
Pilihan Kontestan
Pilihan Produser
"And So It Goes"
"With You"
"Longer"
Billy Joel
Chris Brown
Dan Fogelberg
1
4
7
Aman
Finale Pilihan Clive Davis
Lagu Baru
Pilihan Kontestan
"Don't Let the Sun Go Down on Me"
"In This Moment"
"Imagine"
Elton John
Ciptaan Ryan Gillmor
John Lennon
2
4
6
Runner up

Fans

Kumpulan fans David Archuleta sering disebut sebagai Arch Angels atau Archies. Selain itu fans David berasal dari berbagai negara di dunia. Indonesia salah satunya. David sangat menghargai fansnya, sebagai tandanya setiap selesai menampilkan sebuah lagu, David akan menyimpan tangannya di bagian atas dada sebagai tanda bahwa ia selalu mengingat dukungan para Arch Angels. Selain itu banyak sekali situs-situs yang didedikasikan untuk David Archuleta.

Setelah American Idol

Setelah final American Idol 2008, David Archuleta memperoleh kesempatan untuk tampil di berbagai acara diantaranya, “American Idol Extra”, “Larry King Live”, “MTV TRL”, “The Early Show”, “The View”, “The Today Show”, “Entertainment Weekly”, “Live With Regis and Kelly”, “The Morning Show With Mike and Juliet”, “Extra” dan beberapa acara TV lainnya. Selain itu, David Archuleta menjadi bintang iklan Guitar Hero. Ia dan David Cook meniru salah satu adengan yang dilakukan Tom Cruise dalam film Risky Bussines.
Pada 5 Juni 2008 secara resmi David mengumumkan bahwa dirinya sudah mengikat kontrak dengan Jive Records. Maka di Indonesia, album David Archuleta akan beredar dibawah bendera Sony BMG. Setelah resmi bergabung dengan Jive Records maka album pertama David direncanakan akan dijual kepasaran pada bulan Oktober atau November, sedangkan singelnya akan keluar dan tersedia untuk diunduh pada akhir Agustus.
Tiga lagu David yang ia nyanyikan saat final ”Dont Let The Sun Go Down On Me”, ”In This Moment” dan ”Imagine” temasuk dalam daftar 10 besar lagu yang diunduh melalui iTunes. Ketiga lagu tersebut juga masuk kedalam daftar Billboard Hot 100 berdasarkan data tanggal 7 Juni 2008, ”Imagine” berada di posisi #36, ”Don’t Let The Sun Go Down On Me” berada di posisi #58 dan pada posisi #60 terdapat lagu ”In This Moment”.
Selain itu lagu ”Longer”, ”Think Of Me”, dan ”Angels” masuk dalam daftar Billboard’s Bubbling Under Hot 100 Singels di posisi #15, #19 dan #24. Total lagu David Archuleta yang diunduh berdasarkan data pada Billboard tanggal 7 Juni 2008 ialah 323,000 unduhan. Dua lagu David Archuleta yang berjudul ”Angels In The Alleyway” dan ”The Most Beautiful Part” tersedia untuk dibeli di iTunes.
Walaupun hanya menjadi runner up, David mendapat perhatian yang luar biasa setelah American Idol. Kepopulerannya membuat ia muncul di beberapa artikel di situs-situs terkenal. Pada 21 Juni 2008 David menjadi tamu istimewa yang diundang untuk menghadiri World Premiere film tebaru milik Pixar berjudul Wall-E. Dan di event itu David mencuri perhatian wartawan dan selebritis lainnya yang menghadiri acara yang sama. Baru-baru ini, David terpilih menjadi Artist Of The Month untuk bulan Juli pada salah satu situs musik, Musiqtone.
Pada tanggal 1 Agustus 2008, singel pertama dari album pertama David yang akan dirilis pada 4 November 2008, diperdengarkan untuk pertama kalinya ke seluruh dunia melalui stasiun radio ternama di Amerika Serikat, Z100. Lagu dengan melodi yang sangat catchy dan bernuansa Pop RnB memang sangat sesuai dengan usia David dan menjadi ciri khas lagu Crush, selain tentunya menunjukan bahwa David can sing the phonebook. Lagu Crush akan tersedia untuk dibeli melalui iTunes Store pada 12 Agustus 2008. Tidak dapat diragukan lagi bahwa Crush akan menjadi #1 hits dan memperoleh platinum.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar